Jumat, 27 Mei 2011

Garuda Indonesia Jajaki Rute Makassar-Jeddah

Headline
INILAH.COM, Makassar - PT Garuda Indonesia Tbk (GIAA) akan menjajaki pembukaan rute Makassar - Jeddah dengan tingginya minat masyarakat KawasanTimur Indoensia (KTI) menunaikan ibadah umroh ke Arab Saudi.

Senior Manager Marketing & Sales Workers, Umroh and Hajj Plus. KSA PT Garuda Indonesia (Persero) Tbk Husni Hamzah, mengatakan saat ini Garuda Indonesia tengah melakukan survei.

Jika memang memungkinkan, rute tersebut akan segera dibuka dengan mengurus perizinan dari Perhunugan Udara dan izin dati Pemerintah Arab Saudi selama tiga pekan. " Pengurusan izin untuk melakukan penerbangan langsung itu tidak bisa cepat, banyak hal yang harus dibicarakan terlebih dahulu, terutama dengan Pemerintah Arab Saudi," ujar Husni di Makassar, Kamis (26/5/2011).

Kendati demikian, Husni menyatakan kemungkinan untuk melakukan penerbangan langsung Makassar-Jeddah peluangnya cukup besar, melihat perkembangan jemaah haji dan umroh dari KTI khususnya dari wilayah Sulawesi dan Kalimantan setiap tahun jumlahnya cukup besar. Dari 30% jamaah secara nasional itu berasal dari Makassar dan Indonesia Timur.

Hal yang sama dikatakan pengusaha Makassar, Aksa Mahmud. Menurutnya, peluang bisnis di daerah KTI sangat besar. Pasalnya budaya orang timur senang mengumpulkan uang kemudian melakukan ibadah. "Pengalaman selama ini potensi dan kendala yang dihadapi jamaah selam ini melakukan umroh harus melalui Jakarta dan ini yang harus disikapi secara positif," kata Aksa.

Jika keputusan Garuda untuk membuka rute Makassar-Jeddah, Aksa menuturkan sangat didukung oleh infra struktur. Bandara yang ada di Makassar sudah berstandar internasional, sudah cukup mendukung untuk melakukan penerbangan langsung itu. Apalagi per 1 Juni 2011 nanti Garuda Indonesia juga akan memulai penerbangan langsung perdananya ke luar negeri, dari Makassar ke Singapura PP. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar