Jumat, 27 Mei 2011

Krisis Utang Yunani Pukul Bursa Asia

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Saham Asia tergelincir pada awal perdagangan Jumat (27/5), akibat penguatan Wall Street terjadi di tengah kekhawatiran krisis utang Yunani yang mungkin lebih buruk.

Mengutip Reuters, CNBC Asia FTSE 100 Index, yang mengukur pasar di seluruh Asia, naik 0,3 persen. Acuan bursa Jepang Nikkei N225 dibuka turun 0,50 persen ke 9.514,16, sementara Topix turun 0,29 persen menjadi 824,70. Saham Sony jatuh 1,9 persen setelah proyeksi laba bersih semester pertama jauh dari optimis, akibat raksasa elektronik masih berjuang untuk pulih dari dampak pasca-gempa Maret dan serangkaian pelanggaran keamanan jaringan di Internet.

Sebelum pasar dibuka, data yang dirilis menunjukkan bahwa harga konsumen inti Jepang naik pada bulan April dari tahun sebelumnya untuk pertama kalinya dalam lebih dari dua tahun. Ini disebabkan meningkatnya harga komoditas dan kebijakan pemerintah tahun lalu untuk mensubsidi biaya sekolah berhenti menekan harga, tetapi yang mendasari harga sepertinya akan tetap lemah akibat bencana 11 Maret yang merusak konsumsi dan upah. Indeks harga konsumen inti (CPI), yang meliputi produk minyak, tetapi tidak termasuk harga volatile sayuran buah segar, dan makanan laut, naik 0,6 persen pada April dari tahun sebelumnya, sama seperti perkiraan sebelumnya. Ini adalah pertama kalinya harga telah meningkat sejak kenaikan tahunan sebesar 0,2 persen pada Desember 2008, dan merupakan gain terbesar sejak naik 1,0 persen pada tahun sampai November 2008.

Saham Seoul tergelincir pada awal perdagangan, dengan (KOSPI), Indeks Harga Saham Gabungan Korea (KOSPI) turun 0,22 persen ke 2.087,36.

Di Australia, benchmark S & P / ASX 200 index menukik 0,1 persen menjadi 4.654,4.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar