Jumat, 29 Juli 2011

Analis: Tak perlu cemas, penurunan indeks hari ini akibat profit taking

Analis: Tak perlu cemas, penurunan indeks hari ini akibat profit taking
JAKARTA. Pergerakan Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) pada sesi I ini merosot cukup dalam. Pada pukul 12.00, indeks tercatat turun 0,87%.

Menurut Managing Research Indosurya Asset Management, koreksi yang terjadi pada indeks di sesi I terbilang wajar. Pasalnya, "Indeks kita sudah tembus rekor beberapa kali di atas level 4.100. Itu pun dicapai dalam waktu singkat. Kalau ada penurunan, itu merupakan sesuatu yang sangat wajar," jelasnya.

Dia lantas menjelaskan, jika kita melihat dari posisi indeks sesuai perhitungan teknikal, level support indeks hari ini akan berada di kisaran 4.096-4.121. "Batas atas sudah terlampaui. Namun, jika level 4.096 tidak tembus pada akhir perdagangan nanti, indeks berpotensi rebound pada pekan depan," paparnya.

Hal senada diungkapkan Jimmy Dimas Wahyu, pengamat pasar modal. Menurutnya, sentimen yang membuat indeks loyo pada hari ini adalah sentimen profit taking. "Soalnya indeks sudah terlampau tinggi dan mendekati level 4.200," jelasnya. Jimmy menambahkan, akan ada koreksi sehat sebelum indeks kembali bergerak positif.

Lakukan profit taking

Reza menyarankan, bagi investor yang sudah memiliki saham dan perhitungannya sudah menembus target, sebaiknya lakukan profit taking. "Nah, jika melorot seperti sekarang, investor bisa masuk kembali atau istilahnya buy on weakness," papar Reza.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar