Jumat, 29 Juli 2011

Yen perkasa atas dollar, bursa Asia melempem di akhir pekan

Yen perkasa atas dollar, bursa Asia melempem di akhir pekan
TOKYO. Bursa Asia melempem di akhir pekan. Kemerosotan terjadi setelah yen menyentuh level tertinggi dalam empat bulan atas dollar. Selain itu, pemerintah dan Senat AS memutuskan untuk menunda voting terkait batasan utang AS.

Pada pukul 15.17 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,8%. Penurunan hari ini memperbesar jumlah kemerosotan indeks acuan di kawasan regional menjadi 1,9% di sepanjang pekan ini. Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,7%, indeks Kospi Korea Selatan turun 1,1%, dan indeks Taeix turun 1,4%.

Saham-saham yang pergerakannya turut mempengaruhi bursa Asia antara lain: Nintendo yang turun 21%, Sony turun 3,3%, TDK Corp turun 5,6%, dan Taiwan Semiconductor Manufacturing Co turun 1,4%.

"Sangat tidak bisa dipercaya. Para pemimpin AS itu tidak hanya bermain-main dengan kondisi pasar finansial melainkan juga tugas mereka sebagai penentu kebijakan. Saya rasa mereka akan segera mencapai kata sepakat untuk menghindari default. Namun, resiko mereka tidak menemukan kata sepakan kian meningkat," jelas Shane Oliver, head of investment strategy AMP Capital Investor Ltd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar