Selasa, 13 September 2011

Nah Lho, China Bantah akan Beli Obligasi Italia

Headline
INILAH.COM, Hong Kong - Pemerintah China membantah akan mendukung keuangan Italia dengan membeli obligasi untuk mengurangi beban utang.

Seorang pejabat senior di perbankan China dilaporkan mengatakan kepada psar internasional, pemerintah tidak akan menyetujui sebuah proposal untuk membeli karena utang Italia menuju ketidakstabilan pasar obligasi Eropa, seperti dikutip dari yahoofinance.com.

Pernyataan ini membuat arah pasar Eropa berbalik lebih rendah. Pasar terlanjut merespon berita Menteri Keuangan Italia, Giulio Tremonti bertemu dengan delegasi pejabat Cina pekan lalu untuk membahas kemungkinan pembelian obligasi Italia. Laporan ini juga mendorong saham di Wall Street Senin menguat dan bursa Asia sempat menguat pada awal perdagangan.

Hari Senin kemarin santer beredar berita, Ketua China Investment Corp, Lou Jiwei telah memimpin delegasi ke Roma pada pekan lalu. Mereka melakukan pertemuan dengan Menkeu Italia, Giulio Tremonti dan Italia Cassa Depositi e Prestiti, yang mengelola dana strategis Italia untuk investor asing.

Pada dua pekan lalu, pejabat Italia datang ke Beijing untuk bertemu dengan CIC dan Administrasi Devisa China yang mengelola dana sekitar US$3.200 miliar. Kepala Treasury Vittorio Grilli bertemu dengna investor China di Beijing Agustus lalu. Para pejabat Italia berharap perundingan lebih lanjut segera terjadi.

Obligasi Italia senilai 1.900 miliar euro sudah dipegang China. Krisis utang Italia telah memaksa pemerintah mempertimbangkan saham strategis di perusahaan Enel, perusahaan listrik Italia, minyak dan gas multinasional.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar