Selasa, 13 September 2011

China Selamatkan Saham Eropa Bakal Dibuka Naik

Headline
INILAH.COM, London - Saham Eropa diperkirakan akan dibuka naik pada perdagangan Selasa (13/9) menyusul laporan bahwa Italia akan mencari dukungan di pasar obligasi dari China.

Laporan dari Financial Times membantu Wall Street ditutup lebih tinggi dan telah mendukung saham Asia. Klaim Italia telah meminta bantuan yang signifikan dari sejumlah sovereign wealth fund dan investor China.
Senin malam muncul berita bahwa Menteri Keuangan AS Tim Geithner akan terbang ke Polandia pekan ini untuk menghadiri pertemuan menteri keuangan Eropa. Langkah ini menunjukkan betapa seriusnya Amerika Serikat memperhatikan krisis utang dari zona euro, mengingat Geithner hanya meninggalkan Eropa pada hari Sabtu setelah pertemuan G7 di Marseille.

Saham perbankan di Prancis jatuh tajam selama sesi Senin akibat laporan bahwa lembaga pemeringkat Moody's akan mendowngrade tiga bank terbesar Prancis di tengah kekhawatiran atas kepemilikan dari utang negara yang mereka pegang. Satu bank, Societe Generale, mengatakan kepada CNBC pada hari Senin bahwa paparan utang Yunani tidak masalah bagi bank. CEO Frederic Oudea melanjutkan dengan mengatakan bank telah memiliki modal 41 miliar euro dan itu masih bisa bertambah di pasar AS.

"Ada rasa takut terhadap zona euro, dan kebutuhan untuk sistem perbankan Eropa untuk beradaptasi dengan aturan baru. Tapi Anda tidak bisa melakukan itu hanya dalam satu hari. Dan kita harus memiliki masa transisi," katanya. "Kami akan sangat aktif dalam mengelola masa transisi, tetapi kita perlu waktu," kata Oudea.

Sementara itu, bos dari UniCredit, raksasa perbankan Italia, mengatakan kepada Financial Times bahwa dia melihat dukungan untuk peningkatan modal jika diperlukan. CEO Federico Ghizzoni mengatakan bisa meningkatkan modal inti bank melalui rights issue, pengurangan aset berisiko tertimbang dan menjual aset. "Saya pikir pasar siap jika Anda mengajukan sebuah rencana yang kredibel," kata bos UniCredit yang sampai sekarang keluar dari putaran dalam peningkatan modal di Italia yang dimaksudkan untuk memenuhi aturan baru tentang persyaratan modal sesuai jadwal.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar