Selasa, 13 September 2011

Pernyataan Trichet membuat Nikkei rebound dari level terendah dalam 2,5 tahun

Pernyataan Trichet membuat Nikkei rebound dari level terendah dalam 2,5 tahun
TOKYO. Indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang rebound dari level terendah dalam 2,5 tahun terakhir hari ini. Pada penutupan pukul 15.00 waktu Tokyo, indeks Nikkei naik 1% menjadi 8.616,55. Dengan demikian, indeks Nikkei rebound dari level terendah sejak April 2009 kemarin. Sementara itu, indeks Topix naik 1,2% menjadi 749,82.

Kenaikan sejumlah saham berkapitalisasi besar turut menyokong bursa Jepang. Beberapa diantaranya adalah Mitsubishi UFJ Financial Group Inc yang naik 2,5%, Fanuc Corp naik 2,3%, dan Elpida Memory Inc yang naik cukup signifikan hari ini.

Pergerakan positif bursa Jepang terjadi setelah Presiden Bank Sentral Eropa Jean-Claude Trichet mengatakan, kawasan Eropa memiliki persenjataan yang cukup untuk mencegah penyebaran krisis utang ke kawasan lain.

"Trichet mengemukakan hal yang sangat tepat. Kendati pernyataannya membantu mencegah penurunan (pasar saham) lebih dalam, Eropa masih memiliki masalah utang, yang dimulai dari Yunani. Masalah ini tak akan bisa diselesaikan hingga sistem perekonomian pulih," urai Kiyoshi Ishigane, senior strategist Mitsubishi UFJ Asset Management Co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar