Selasa, 13 September 2011

Berhasil rebut posisi Malaysia, pasar saham Indonesia kian menarik di mata asing

Berhasil rebut posisi Malaysia, pasar saham Indonesia kian menarik di mata asing
JAKARTA. PT Panin Sekuritas mengatakan, pasar saham Indonesia terlihat lebih menarik di mata investor asing saat ini. Apalagi setelah Indonesia berhasil merebut posisi Malaysia sebagai pasar saham dengan kapitalisasi terbesar kedua di Asia Tenggara.

Sekadar informasi, data Bloomberg menunjukkan, nilai kapitalisasi pasar saham Indonesia tahun ini hingga 9 September lalu sudah melonjak 17% menjadi US$ 416 miliar. Angka tersebut berhasil melampaui Malaysia yang nilainya sebesar US$ 407 miliar. Hal ini menjadikan Indonesia mengambil posisi Negeri Jiran sebagai pasar saham terbesar ke sembilan di Asia.

"Investasi asing ke pasar saham Indonesia sepertinya akan meningkat sejalan dengan terdongkraknya nilai kapitalisasi pasar saham," jelas Winston Sual.

Belakangan, investor asing memang secara bertahap meningkatkan pembelian atas saham-saham Indonesia seiring kenaikan permintaan batubara dan crude palm oil (CPO) oleh China dan India. Alhasil, sejumlah emiten turut menangguk untung. Sebut saja PT Bumi Resources (BUMI) dan PT Astra Agro Lestari (AALI).

Tidak ada komentar:

Posting Komentar