Selasa, 13 September 2011

Berita positif dari China berhasil mendongkrak bursa Asia

Berita positif dari China berhasil mendongkrak bursa Asia
TOKYO. Kecemasan akan krisis Eropa mulai mereda. Kondisi itu membuat bursa Asia dilanda aksi beli pagi ini. Pada pukul 09.36 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific tak banyak berubah di posisi 118,02. Padahal, dalam dua hari sebelumnya, bursa acuan di kawasan regional ini turun 3,3%.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,23% dan indeks S&P/ASX 200 naik 0,26%. Sementara, indeks hang Seng turun tajam 4,21%.

Saham-saham berkapitalisasi besar turut menjadi penopang bursa Asia pagi ini. Di antaranya, BHP Billiton Ltd yang naik 1,7%, Inpex Corp naik 1,2%, dan Westpac Banking Corp naik 0,9%. Sementara itu, Nintendo Co turun 2,5%.

Kenaikan pasar saham Asia pagi ini disebabkan oleh adanya kabar bahwa China akan berinvestasi di Italia. "Berita yang mengabarkan bahwa China akan membeli obligasi Italia datang tepat di waktu yang kritis di mana tingkat kepercayaan investor tengah diuji. Hal ini yang kemudian menjadi sentimen positif bagi pergerakan pasar," jelas Nader Naemi, strategist AMP Capital Investors Ltd.

Dia menambahkan, kendati demikian, masih ada pertanyaan terkait seberapa besar komitmen China dalam investasi yang sangat beresiko itu. "Meskipun langkah China bisa memperlambat proses pendarahan Eropa, namun hal itu belum dapat menyembuhkan luka," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar