Jumat, 08 Juli 2011

Bursa Asia melejit selama tiga minggu berturut-turut

Bursa Asia melejit selama tiga minggu berturut-turut
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia sore ini tampak sumringah. Dengan demikian, lonjakan yang dialami bursa di kawasan regional ini sudah terjadi selama tiga minggu berturut-turut. Salah satu sentimen pendorong lonjakan bursa Asia antara lain data penjualan ritel serta penambahan lapangan kerja baru di AS yang memunculkan spekulasi kalau pemulihan ekonomi global masih terus berlangsung.

Pada pukul 15.45 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific naik 0,6% menjadi 138,16. Jika dihitung, sepanjang pekan ini, bursa Asia sudah menanjak sebesar 1,9%.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang naik 0,7%, indeks Kospi Korea Selatan tak banyak mengalami perubahan, sedangkan indeks S&P/ASX 200 naik 1,1% di Sydney.

Saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Toyota Motor Corp naik 1,3% di Tokyo, BHP Billiton Ltd naik 1,2% di Sydney, dan Shinhan Financial Group Co turun 2,9% di Seoul.

"Pemulihan ekonomi global masih berjalan sesuai jalurnya. Meski begitu, masih ada sedikit kecemasan mengenai AS beberapa bulan lalu. Pulihnya ekonomi AS memberikan outlook positif bagi eksportir di Asia," papar Prasad Patkar, analis Platypus Asset Management.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar