Selasa, 12 Juli 2011

Koperasi Warga Semen Gresik Ingin IPO

INILAH.COM, Jakarta - Koperasi Warga Semen Gresik merencanakan melakukan penawaran umum saham perdana terhadap lini usaha yang dimilikinya.

"Wacana itu sudah ada. Namun, bagaimana realisasinya akan sangat tergantung keputusan rapat anggota sebagai keputusan tertinggi dalam koperasi yang berlangsung Desember 2011," ujar Ketua Pengurus KWSG I, Ketut Arsha Putra, Selasa (12/7).

Lebih lanjut ia mengatakan, rencana penawaran umum saham perdana ini untuk meningkatkan kemampuan KWSG lebih baik lagi. Rencana penawaran umum saham perdana ini kemungkinan akan bisa direalisasikan tahun depan.

Arsha menuturkan, pihaknya masih menunggu keputusan dari hasil rapat anggota. "Adanya IPO akan memberikan kesempatan permodalan yang lebih baik guna pengembangan usaha," ujarnya.

Ketut menuturkan, KWSG memiliki lini-lini usaha yang potensial. Salah satunya adalah distribusi semen yang memiliki 39 lokasi di Jawa dan Bali. Unit usaha yang dibentuk pada 1999 itu mengerjakan distribusi semen yang belum tersentuh Semen Gresik di sebagian besar Jawa Tengah dan Jawa Barat.

Gerai distribusi Semen Gresik milik KWSG ini telah tersebar di 7 kota Jawa Tengah dan Yogyakarta, dan 7 kota di Jawa Barat bahkan masuk Jakarta. "Dari unit usaha itu mampu menyumbang 80% dari total pendapatan atau sekitar Rp933 miliar, kita juga memliki lini usaha yang cukup potensial adalah ekspedisi yang memberi kontribusi 85 dari total pendapatan," tegas Ketut.

Menurut Ketut, kemungkinan salah satu lini usaha yang dianggap potensial akan dijadikan perusahaan terbatas (PT) sebelum sahamnya dilepas ke publik.

Sebelumnya KWSG mencatatkan pembagian sisa hasil usaha (SHU) setelah pajak sebesar Rp20,73 miliar. Jumlah total SHU yang dibagikan kepada anggota tahun ini sebesar Rp4,73 miliar atau 123,7% meningkat dari realisasi tahun sebelumnya. Total aset yang dihimpun sebesar Rp417,95 miliar. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar