Selasa, 12 Juli 2011

Kinerja Oke, Koperasi Semen Gresik Siap Melantai di Bursa

Jakarta - Koperasi Warga Semen Gresik (KWSG) berencana melakukan penawaran saham perdana (Initial Public Offering/IPO). Ide ini muncul terkait pendapatan mereka yang terus mengalami peningkatan.

"Wacana melakukan IPO sudah ada. Karena kami sebenarnya sudah layak melantai di bursa," ujar Ketua Pengurus KWSG, I Ketut Arsha Putra, dalam rilis yang dipublikasikan, di Jakarta, Selasa (12/7/2011).

Sepanjang tahun lalu, koperasi ini membukukan pendapatan Rp 1,167 triliun, naik 101% dibandingkan periode sebelumnya. Hal ini berimbas pada kenaikan pembagian sisa hasil usaha (SHU) anggotanya. Sebanyak Rp 20,73 miliar telah dibagikan kepada anggota dari hasil pendapatan KWSG.

Namun rencana IPO ini masih harus mendapat persetujuan rapat anggota sebagai keputusan tertinggi dalam koperasi.

Pada peringatan Hari Koperasi ke-64, ia mengatakan, KWSG mendapat predikat "Koperasi Terbaik" di ajang Koperasi Award dari Presiden SBY. pencapaian ini tidak terlepas dari partisipasi seluruh anggota, karyawan, pelanggan maupun pihak lain sehingga KWSG menjadi salah satu pioner koperasi di Indonesia.

"Kami harapkan hal ini dapat dijadikan sebagai momentum untuk menumbuhkan kesadaran masyarakat dalam menjadikan koperasi sebagai gerakan ekonomi kerakyatan di seluruh Indonesia," jelas Direktur Utama PT Semen Gresik Tbk, Dwi Soetjipto.

Dwi menegaskan, ditengah kapitalisasi pasar saat ini, Koperasi dihidupkan kembali. Karena fungsi dan peran koperasi adalah memperkokoh perekonomian rakyat dan sebagai dasar kekuatan dan ketahanan perekonomian nasional.

"Pencapaian tinggi kinerja koperasi binaan BUMN Semen pelat merah ini, bukan semata-mata karena koperasi ini sudah melampaui masa yang cukup panjang. Namun, kuncinya ada pada kombinasi antara dukungan perusahaan, yakni PT Semen Gresik (Persero) Tbk, profesionalisme pengelolaan koperasi, dan partisipasi aktif anggota," imbuhnya.

KWSG telah berdiri pada tanggal 29 Januari 1963, dengan nama “Koperasi Serba Usaha Karyawan Perusahaan Negara Semen Gresik”. Pada 2 November 1991 dilakukan perubahan nama menjadi Koperasi Warga Semen Gresik.

Koperasi yang beranggotakan para karyawan tetap dan pensiunan 14 unit usaha di bawah Semen Gresik yang terdiri dari Anak Usaha, Lembaga Afiliasi, dan Lembaga Penunjang.

Hingga saat ini jumlah keanggotaan KWSG telah mencapai 5819 orang. KWSG merupakan koperasi serba usaha yang bergerak dalam bidang perdagangan barang dan jasa meliputi; simpan pinjam; pertokoan, percetakan, dan jasaboga; perdagangan bahan bangunan; perdagangan umum; dan ekspedisi.

(wep/ang)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar