Rabu, 06 Juli 2011

Pengamat: Nikmatilah Penguatan Rupiah Saat Ini

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Nilai tukar rupiah diperkirakan hingga akhir tahun bisa menguat terbatas yang berada di kisaran 8.800 sampai 8.400.

Pengamat pasar uang, Edwin Sinaga mengatakan Indonesia patut bersyukur atas penguatan rupiah saat ini. "Saat ini kita menikmati berkah dari kuatnya nilai rupiah," katanya, saat dihubungi INILAH.COM, Rabu (6/7).

Penguatan tersebut, jelasnya, dipengaruhi faktor dari dalam negeri, terutama kebijakan pemerintah soal Bahan Bakar Minyak (BBM). "Apupun tindakan yang diambil pemerintah, entah itu menurunkan atau menaikkan harga BBM bisa dipastikan turut mempengaruhi sentimen akan rupiah," imbuhnya.

Sementara itu, faktor dari luar adalah pengaruh dari perilaku ekonomi global. Misalnya saja, adanya sebagian dana yang ditarik dan kondisi ekonomi di Eropa.

Kondisi perekonomian di sebagian negara Eropa yang masih dilanda krisis bisa dianggap cukup menguntungkan Rupiah. "Jika Indonesia cukup disiplin dalam mengelola kondisi ini, tentu penguatan nilai Rupiah masih akan kita nikmati lebih lama," ungkapnya. [hid]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar