Rabu, 06 Juli 2011

Sektor Perbankan Picu Bursa Asia Tidak Bergairah

Headline
INILAH.COM, Sydney – Bursa saham Jepang naik tipis pada Rabu (6/7), sementara sebagian besar bursa Asia lainnya tergelincir, dengan koreksi saham keuangan membebani pasar.

Indeks Nikkei Stock Average naik 0,3%, sedangkan indeks S & P / ASX 200 Australia turun 0,1% dan indeks Kospi Korea Selatan kehilangan 0,3%.

Koreksi di sektor keuangan terjadi, menyusul pelemahan saham perbankan AS semalam. Shinsei Bank Ltd turun 2,3%, Daiwa Securities Group Inc turun 1,9% dan Mitsubishi UFJ Financial Group Inc melemah 1,2%.

Pada perdagangan Sydney, saham Westpac Banking Corp kehilangan 1,1%, dan National Australia Bank Ltd serta Commonwealth Bank of Australia masing-masing turun 0,7%.

Kekhawatiran atas utang zona euro utang berlipat, setelah Lembaga Pemeringkat Moody’s menurunkan peringkat obligasi pemerintah jangka panjang Portugal, ke junk grade.

Naiknya harga komoditas mendukung beberapa saham energi, karena patokan minyak mentah Nymex berjangka naik ke atas US$ 97 per barel. Japan Petroleum Exploration Co naik 2,8%. Di Sydney, Linc Energy Ltd. naik 1,4%.

Penambang emas yang terdaftar di Australia, Newcrest Mining Ltd naik 1,1%, setelah emas berjangka membukukan kenaikan terbesar harian dalam delapan bulan.

Saham Toyota Motor Corp turun 0,4% meskipun laporan memprediksi akan menormalkan produksi sepenuhnya pada Oktober, satu bulan lebih awal dari yang diharapkan. Aksi itu dirilis menjelang laporan penjualan kendaraan Jepang.

Saham penerbangan meningkat, dengan Virgin Blue Holdings Ltd memperpanjang kenaikan, dengan menguat 1,6%. Tiger Airways Ltd yang berbasis di Singapura menghentikan penjualan tiket di Australia karena masalah keamanan, sedangkan di Jepang, All Nippon Airways Co naik 1,9%. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar