Kamis, 14 Juli 2011

Won melesat ke level terkuat tiga tahun

Won melesat ke level terkuat tiga tahun
SEOUL. Mata uang Korea Selatan menguat tajam ke posisi tertingginya selama tiga tahun terakhir. Penguatan won terjadi setelah Moody's Investors Service meninjau kemungkinkan pemangkasan peringkat surat utang AS. Hal ini meredam permintaan dollar AS.

Won menguat 0,4% ke 1.055,95 per dollar AS, pada pukul 9.37 a.m di Seoul, dan sempat menyentuh 1.054,1, yang merupakan level terkuatnya sejak Agustus 2008. Pada pukul 10.20 WIB, pasangan (USD/KRW) bergeser ke 1.056,53.

Mata uang Asia tersebut terapresiasi selama 2 hari berturut-turut terhadap dollar AS, dan harga obligasi pemerintah juga naik sebelum pertemuan Bank of Korea hari ini. Survei Bloomberg memperkirakan, tingkat repo 7 hari akan dipertahankan di 3,25%.

"Melemahnya dollar AS yang menonjol menjadi bahan bakar won naik lebih tinggi," kata Kim Sung Soon, senior currency trader Industrial Bank of Korea. Menurutnya, saat ini pasar tidak akan bereaksi lagi terhadap suatu keputusan, kecuali ada kejutan kenaikan lagi.

Bank of Korea telah tiga kali menaikkan tingkat suku bunganya di tahun ini untuk meredam laju inflasi. Bank Sentral Korsel, kemarin, telah melaporkan pinjaman untuk rumah tangga yang naik 3,4 triliun won (US$ 3,2 miliar) di bulan Juni, menjadi 443,2 triliun won.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar