Kamis, 14 Juli 2011

Bursa Asia Dibuka Loyo

Headline
INILAH.COM, Sydney – Bursa saham Asia melorot di awal perdagangan Kamis (13/7), karena investor terbebani isu-isu utang AS dan peringatan tentang potensi penurunan peringkat, dimana saham eksportir terpukul di Jepang.

Indeks Nikkei Stock Average turun 0,6%, Indeks Kospi Korea Selatan kehilangan 0,8% dan indeks S & P / ASX 200 Australia diperdagangkan turun 0,3%.

Bursa Asia layu, meski saham AS menguat semalam, setelah ketua Ben Bernanke mengindikasikan Federal Reserve akan sekali lagi menggelontorkan langkah untuk menopang perekonomian.

Penguatan yen menekan sektor eksportir, termasuk saham teknologi di perdagangan Jepang.

Nintendo Co jatuh 1,8% dan Toshiba Corp kehilangan 1,2%.

Saham AS menyudahi koreksi tiga hari beruntun dan ditutup menguat semalam, didukung komentar Ketua Federal Reserve Ben Bernanke yang menyarankan rangsangan lebih dapat disuntikkan ke dalam perekonomian.

Pada bagian pertama dari dua hari pernyataan semi-tahunan untuk kongres, Bernanke mengatakan Fed sedang mempertimbangkan beberapa langkah teruji untuk lebih merangsang ekonomi AS, jika kondisi memburuk. Meskipun bank sentral percaya, guncangan sementara yang menekan kegiatan ekonomi akan berlalu.

Namun, setelah pasar saham AS ditutup melemah, lembaga pemeringkat memperingatkan akan memangkas rating utang pemerintah AS, karena batas waktu untuk menaikkan plafon utang negara sudah dekat.

Moody’s Investor Service mengatakan telah menempatkan peringkat obligasi triple-A pemerintah AS dalam pengawasan untuk downgrade, karena ketakutan adanya resiko kecil tapi meningkat dari default singkat.

Peritel berada di bawah tekanan dalam perdagangan Sydney, setelah peringatan laba yang mengejutkan dari department store kelas atas, David Jones Ltd membawa saham anjlok 14,6%.

Di sektor yang lebih luas, Myer Holdings Ltd kehilangan 5,3%, Harvey Norman Holdings Ltd turun 3,7% dan JB HiFi Ltd turun 3,6%.

News Corp menguat 5,4%, setelah menarik tawaran US$ 14 miliar untuk 61% saham British Sky Broadcasting PLC. Saham di Media Fairfax. Ltd turun 4,7%. [ast]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar