Kamis, 25 Agustus 2011

Bursa Asia tertopang sentimen positif indikator ekonomi AS

Bursa Asia tertopang sentimen positif indikator ekonomi AS
TOKYO. Mayoritas bursa saham Asia melanjutkan reli hari keduanya di pekan ini. Pasar regional bergerak positif setelah laporan pesanan barang tahan lama (durable goods) dan harga rumah di Amerika Serikat melebihi perkiraan ekonom. Sentimen tersebut memudarkan kekhawatiran ekonomi AS akan melambat, serta meningkatkan prospek laba eksportir.

Indeks MSCI Asia Pasifik reli 0,8% ke 120,12, pada pukul 9.44 pagi waktu Tokyo. Sepuluh saham naik berbanding setiap satu saham yang turun. Sementara, indeks Nikkei 225 tercatat melaju 1,49%, indeks Kospi naik 1,91%, dan indeks Australia S&P/ASX 200 reli 0,64%.

Beberapa saham utama di bursa regional yang menghijau, diantaranya Toyota Motor Corp. yang naik 3,6% di Tokyo. Lalu, saham suplier bahan bangunan James Hardie Industries SE yang 68% penjualannya dari AS, juga reli 3,6%. Sedangkan, Samsung Electronics Co. menguat 3,8% di Seoul setelah CEO rivalnya Apple Inc., Steve Jobs mengundurkan diri.

Tim Schroeders dari Pengana Capital Ltd. menyebut, data terbaru AS menunjukkan tidak semuanya dalam kondisi suram. Dia bilang, investor terus bergulat dengan prospek pertumbuhan yang lebih rendah juga risiko double dip, dan itu terlihat dari volatlitas di pasar keuangan.

"Saat ini posisi bottom kemungkinan sudah tersentuh. Tapi perlu lebih banyak bukti pertumbuhan yang berkelanjutan sebelum market kembali terus bergerak naik," ujar Tim, hari ini, di Melbourne.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar