Senin, 10 Oktober 2011

Bursa China jatuh ke level paling rendah dalam dua tahun

Bursa China jatuh ke level paling rendah dalam dua tahun
SHANGHAI. Pasar saham China hari ini dilanda aksi jual. Pada penutupan siang pukul 11.30 waktu setempat, Shanghai Composite Index turun 0,2% menjadi 2.353,68. Ini merupakan level terendah sejak 8 April 2009. Sementara itu, CSI 300 Index turun 0,3% menjadi 2.574,34.

Penurunan indeks acuan China terjadi setelah penjualan rumah anjlok selama masa libur seminggu penuh. Selain itu, saham-saham produsen energi juga melorot setelah pemerintah memangkas harga bahan bakar. Kendati demikian, penurunan indeks acuan China terbatas seiring kenaikan saham-saham produsen baja dan batubara. Sekadar tambahan informasi, pasar China sepekan lalu ditutup karena libur nasional.

Saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi pasar saham Negeri Panda antara lain: Industrial & Commercial Bank of China Ltd dan China Vanke Co yang mencatatkan penurunan terbesar di sektor finansial setelah Shanghai Securities News melaporkan sinyal inflasi tinggi dan pengetatan kebijakan oleh pemerintah. Selain itu, saham PetroChina Co turun 0,7% setelah pemerintah memangkas harga bahan bakar untuk kali pertama pada tahun ini.

"Likuiditas yang ketat telah memukul perusahaan kecil yang berhubungan langsung dengan kebijakan moneter. Sentimen pasar sangat lemah saat ini dan investor lebih sensitif terhadap berita negatif ketimbang positif," urai Tu Jun, strategist Shanghai Securities Co.

Catatan saja, pasar saham China anjlok 15% pada kuartal lalu. Ini merupakan penurunan kuartalan terbesar sehaj Juni 2010.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar