Senin, 10 Oktober 2011

Bursa emerging market bergerak mengambang antara zona hijau dan merah

Bursa emerging market bergerak mengambang antara zona hijau dan merah
SINGAPURA. Mayoritas saham di emerging market bergerak mengambang antara zona hijau dan merah. Pada pukul 15.31 waktu Singapura, indeks MSCI Emerging Markets turun 0,2% menjadi 882,01. Sebelumnya, indeks yang sama sempat naik 0,2%.

Sementara itu, indeks BSE India Sensitive naik 1,1%. Sedangkan indeks Hang Seng China Enterprises turun 2% dan Shanghai Composite Index turun 0,6%.

Sejumlah saham yang pergerakannya turut mempengaruhi pergerakan bursa emerging market antara lain: China Vanke Co yang turun 3,3% di Shenzen, Poly Real Estate Group CO yang turun 3,5% di Shanghai, dan Agile Property Holdings Ltd yang anjlok 13% di Hongkong.

Pergerakan bursa emerging market yang volatil terkait dengan sentimen positif dan negatif di pasar saham. Sentimen positif mengacu kepada kesepakatan bersama pimpinan Eropa untuk segera mengatasi krisis utang Eropa. Sedangkan sentimen negatifnya adalah kecemasan akan pengetatan kebijakan di China sehingga menyebabkan aksi jual di sejumlah saham.

"Tendensi yang terjadi saat ini adalah mengambil risiko dalam jangka pendek. Pasar saat ini berupaya untuk bergerak naik. Saya memandang hal ini hanyalah reli jangka pendek, di mana investor harus jual jika sahamnya naik," jelas Venkatraman Anantha-Nageswaran dari Vansight Private Ltd.

Catatan saja, indeks emerging market sudah anjlok 23% di sepanjang tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar