Senin, 10 Oktober 2011

Pernyataan Merkel turut mendongkrak bursa Asia

Pernyataan Merkel turut mendongkrak bursa Asia
TOKYO. Sebagian besar saham yang ditransaksikan di bursa Asia menanjak pagi ini. Pada pukul 09.11 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific, di luar indeks Jepang, tak banyak perubahan di level 382,87. Dari dua saham yang naik, satu diantaranya ditransaksikan melorot.

Sementara, indeks S&P/ASX 200 naik 1,2%, sedangkan indeks Kospi Korea Selatan naik 1,1%. Pasar saham Jepang ditutup karena libur nasional hari ini.

Saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Rio Tinto Group yang naik 0,9% di Sydney, Hanjin Heavy Industries & Construction Co naik 12% di Seoul, serta Extract Resources Ltd naik 10% di Sydney.

Kenaikan bursa Asia terjadi setelah Kanselir Jerman Angela Merkel mengungkapkan, pimpinan Eropa akan melakukan langkah apapun yang diperlukan untuk memastikan bahwa perbankan memiliki ketercukupan modal. Padahal sebelumnya, kecemasan investor kian meningkat setelah Fitch Ratings memangkas peringkat utang Italia dan Spanyol.

"Pimpinan Eropa sudah membicarakan banyak hal mengenai langkah-langkah yang akan mereka ambil terkait krisis utang. Namun, hingga saat ini, kita belum melihat detilnya," jelas Nader Naeimi, strategist AMP Capital Investors Ltd. Dia menambahkan, data ekonomi AS yang dirilis belakangan ini lebih baik ketimbang prediksi. "Hal itu mengurangi kecemasan mengenai resesi lain. Kendati begitu, pertumbuhan ekonomi masih sangat lamban," tambahnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar