Senin, 10 Oktober 2011

Rekap Dexia Bakal Dongkrak Saham Eropa

Rekap Dexia Bakal Dongkrak Saham Eropa
INILAH.COM, London - Saham Eropa diperkirakan akan dibuka menguat pada perdagangan Senin (10/10) setelah semua indeks Eropa utama ditutup naik Jumat, menandai penguatan minggu kelima akibat optimisme investor naik mengikuti data pekerja AS yang lebih tinggi dari perkiraan.

Investor merasa lega setelah dewan bank Franco-Belgia, Dexia yang dipimpin pemerintah menyetujui rencana penyelamatan, tapi menunggu rincian tentang rencana yang diumumkan oleh Angela Merkel dan Nicolas Sarkozy untuk rekapitalisasi bank-bank di zona euro.

CNBC melaporkan Indeks FTSE diperkirakan akan dibuka naik 41 poin, indeks DAX di Frankfurt naik 51 poin dan CAC 40 Perancis naik 29 poin. Pengumuman pada hari Minggu oleh Kanselir Jerman Angela Merkel dan Presiden Prancis Nicolas Sarkozy, bahwa mereka akan mengungkap sebuah rencana komprehensif untuk menyelesaikan krisis utang di zona euro bulan depan bisa memberikan beberapa bantuan kepada investor di Eropa, tapi saham mixed di Asia semalam di mana sentimen penurunan peringkat Italia dan Spanyol oleh lembaga pemeringkat Fitch pada Jumat membuat investor lebih berhati-hati.

Keputusan Pemerintah Belgia untuk membeli operasional Dexia Belgia sebesar 4 miliar euro ($ 5,4 miliar) menjadi kabar baik bagi investor, namun laporan Der Spiegel yang keluar pada hari Senin mengklaim bahwa bank berjuang untuk kelangsungan hidup operasi Jerman karena eksposur signifikan terhadap ekonomi zona euro bermasalah dan kemungkin bersenyawa dengan kekhawatiran.

Dewan Dexia menyetujui rencana penyelamatan yang diajukan oleh pemerintah Perancis, Luksemburg dan Belgia pada Senin pagi. Tapi belum tahu apakah saham Dexia akan dibuka suspensinya pada perdagangan pada hari Senin.

Euro naik di perdagangan Asia menyusul janji Franco-Jerman untuk rekapitalisasi bank-bank zona euro bermasalah. Mata uang bersama terakhir berada di $ 1,346, naik dari $ 1,3375 pada Jumat, ketika downgrade Fitch diumumkan.

Di London pada Senin, Treasury Select Committee DPR akan mendengar bukti dari Komisi Independen tentang laporan final dari Komisi Independen ICB dari Ketua ICB Sir John Vickers. Laporan yang keluar pada tanggal 12 September, direkomendasikan bahwa bisnis ritel bank harus dipisahkan dari operasi perbankan investasi mereka.

Angela Merkel akan merayakan enam tahun sejak ia diangkat Kanselir wanita pertama Jerman dan pembuat kebijakan di Malta akan menentukan apakah akan menyetujui Fasilitas Stabilitas Keuangan Eropa (EFSF) pada pukul 05:00 waktu London.

Data ekonomi utama akan keluar Senin, termasuk tingkat turnover dari manufaktur dan data perdagangan luar negeri dari Jerman pada pukul 7:00 waktu London, diikuti data produksi industri Agustus untuk Perancis pada pukul 7:45 dan Italia pada pukul 09.00.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar