Senin, 10 Oktober 2011

Bursa futures AS reli setelah Jerman-Prancis sepakat menyokong perbankan Eropa

Bursa futures AS  reli setelah Jerman-Prancis sepakat menyokong perbankan Eropa
TOKYO. Bursa futures AS pagi ini ditransaksikan positif. Hal ini mengindikasikan bahwa indeks Standard & Poor's 500 akan melanjutkan reli pada pekan lalu. Asal tahu saja, pada pukul 07.43 waktu Tokyo, S&P 500 futures yang berakhir masa berlakunya Desember, naik 0,3% menjadi 1.158.

Kenaikan bursa futures AS terjadi setelah Kanselir Jerman Angela Merkel mengungkapkan, pimpinan Eropa akan melakukan langkah apapun yang diperlukan untuk memastikan bahwa perbankan memiliki ketercukupan modal.

Merkel mengikuti langkah Presiden Prancis Nicolas Sarkozy dalam meyakinkan investor bahwa Eropa bisa keluar dari krisis utang yang turut mempengaruhi perekonomian global. Dalam konferensi pers bersama di Berlin, Sarkozy mematok tanggal 3 November sebagai batas akhir dalam merespon krisis utang Yunani. Namun, belum ada detil pengumuman lebih jauh mengenai rencana tersebut.

"Saat ini investor akan lebih fokus pada saham-saham utama AS, mengingat pasar saham Eropa masih bergerak volatil. Selain itu, the Fed masih sangat akomodatif. AS juga tengah masuk ke masa pemilihan di mana politisi biasanya menjanjikan berbagai program untuk mendongkrak perekonomian," jelas Tim Hartzell, chief investment officer Sequent Asset Management.

Sekadar mengingatkan, pada pekan lalu, bursa AS menanjak. Indeks S&P 500 naik 2,1% menjadi 1.155,46. Pada periode 5-6 Oktober 2011, indeks S&P 500 reli 6%. Ini merupakan reli tiga harian terbesar sejak Agustus.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar