Kamis, 19 Mei 2011

Antam Naikkan Capex Jadi Rp3,9 Triliun

Ilustrasi
JAKARTA - PT Aneka Tambang Tbk (ANTAM) tempaknya menaikkan anggaran belanja modal (capital expenditure/capex) menjadi Rp3,9 triliun atau sekira USD400 juta, dari sebelumnya yang sebesar Rp3 triliun.

"Dari jumlah itu, belanja modal kita tahun ini akan akan difokuskan untuk beberapa proyek besar kita senilai Rp3,2 triliun untuk akuisisi tambang batubara Sarolangun sebesar Rp92,5 miliar, proyek feronikel di Halmahera senilai USD1,6 miliar, dan konstruksi pengembangan Chemical Grade Alumina Tayan senilai USD450 juta," ujar Direktur Utama Antam Alwinsyah Lubis di Investor Day, Jakarta, Kamis (19/05/2011).

Proyek CGA merupakan proyek yang dikelola anak usaha ANTM,yaitu PT Indonesia Chemical Alumina (PT ICA). Dalam proyek tersebut,ANTM memiliki porsi 80 persen, sementara sisanya dimiliki perusahaan asal Jepang,Denko KK (SDK).

Total nilai investasi proyek tersebut adalah USD450 juta, dengan porsi ANTM sebesar 80 persen maka biaya yang harus dikeluarkan perseroan sebesar USD360 juta. namun pembangunan tersebut dilakukan secara bertahap.Tahun ini proyek CGA sudah mulai dikerjakan. Sementara,tahun depan pembangunan konstruksi mulai dilakukan.

Akuisisi tambang batubara di Sorolangun akan memproduksi sekira 700 ribu ton batubara per tahun. Hasil dari produksi ini adalah jenis batubara dengan kualitas 5300-5500 Kcal/ kg yang akan di ekspor ke China dan India.

Sementara itu, dalam proyek Feronikel Halmahera ini akan membutuhkan dana sekira USD1,6 miliar dimana senilai USD1 miliar dananya diperoleh dari pinjaman. Dan senilai USD 600 juta akan digunakan untuk pembangunan power plant.

Sebagai informasi, selama kuartal satu tahun ini, Antam telah menghabiskan biaya eksplorasi sebesar Rp21 miliar.
(wdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar