Jumat, 24 Juni 2011

Mayoritas bursa Asia melonjak akhir pekan ini

Mayoritas bursa Asia melonjak akhir pekan ini
TOKYO. Mayoritas bursa Asia mengalami reli sore ini. Ini merupakan kenaikan mingguan pertama dalam delapan minggu terakhir.

Pada pukul 15.00 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific melompat 1,2%. Dengan demikian, selama seminggu terakhir, bursa acuan di kawasan regional ini sudah melaju 1,9%. Sementara, Shanghai Composite Index naik 2,5%, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,9%, indeks Kospi naik 1,7%, dan indeks Hang Seng naik 1,7%.

Sentimen positif yang mendongkrak kinerja bursa Asia diantaranya janji dukungan pimpinan Uni Eropa atas Yunani. Seperti yang diketahu, kemarin, para pimpinan Uni Eropa mengutarakan kesediannya untuk menstabilkan ekonomi di kawasan Eropa.

Mereka juga berjanji akan membantu Yunani selama Perdana Menteri Yunani George Papandreaou mengupayakan pemangkasan anggaran belanja negara pada minggu depan.

Selain itu, bursa Asia juga tersokong oleh lonjakan yang terjadi pada harga minyak dunia. "Kenaikan harga minyak akan memberikan dampak positif bagi perekonomian. Jadi, apapun yang terjadi terkait pasar energi akan positif bagi pasar," jelas Nader Naemi, strategist AMP Capital Investors Ltd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar