Jumat, 24 Juni 2011

Nikkei alami lonjakan mingguan terbesar dalam setahun terakhir

Nikkei alami lonjakan mingguan terbesar dalam setahun terakhir
TOKYO. Meski sempat tertekan pada awal perdagangan, namun indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang berhasil ditutup dengan lonjakan tinggi. Kenaikan yang dialami Nikkei merupakan yang lonjakan mingguan terbesar dalam setahun terakhir.

Optimisme pasar terhadap Yunani menjadi salah satu pemicunya. Seperti yang diberitakan sebelumnya, pemimpin Eropa mengatakan, langkah Yunani untuk mendapatkan bantuan penyelamatan semakin dekat. Tak ayal, kondisi itu meredakan kecemasan kalau Yunani akan mengalami default sehingga berkemungkinan menyebar ke negara lainnya.

Pada penutupan pukul 15.00 waktu Tokyo, indeks Nikkei 225 Stock Average naik 0,9% menjadi 9.678,71. Sementara, indeks Topix naik 0,9% menjadi 833,20. Dengan demikian, selama seminggu ini, kedua indeks acuan sudah naik 3,5%.

Saham-saham yang mempengaruhi pergerakan bursa Jepang diantaranya Sony Corp naik 2,4%, Kawasaki Kisen Kaisha Ltd naik 3,8%, dan Toshiba Corp naik 4,9%.

"Fakta bahwa Yunani akan mendapatkan bantuan dari Eropa merupakan sentimen positif bai pasar. Hanya ada sedikit kemungkinan bahwa krisis ini akan menyebar ke negara lain," jelas Juichi Wako, senior strategist Nomura Holdings Inc.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar