Senin, 18 Juli 2011

Akumulasi Bertahap Saham Bluechips

INILAH.COM, Jakarta – Semua saham bluechips dinilai paling menarik saat ini. Saham-saham tersebut bakal mendorong penguatan indeks tembus 4.200 menuju 4.500 hingga akhir tahun. Saatnya akumulasi bertahap.

Pengamat Pasar Modal Dandossi Matram mengatakan, negatifnya situasi krisis utang di Uni Eropa dan AS memicu peralihan modal ke Asia. Salah satunya adalah Indonesia. Karena itu dia optimistis (IHSG ) akan terus menguat hingga akhir tahun dan saham-saham bluechips sebagai pendongkraknya.

Karena itu, lanjut Dandossi, hingga akhir tahun, pasar akan fokus pada saham-saham bluechips yang bakal mendorong kenaikan indek. “Hal itu juga yang terjadi dalam sebulan terakhir,” katanya kepada INILAH.COM, di Jakarta, Minggu (17/6).

Pada perdagangan Jumat (15/7), IHSG ditutup menguat 25,567 poin (0,64%) ke level 4.023,20, dengan intraday tertinggi di 4.024,02 dan terendah di 3.989,73. Demikian pula indeks saham unggulan LQ45 yang naik 5,496 poin (0,78%) ke level 713,178. Berikut ini wawancara lengkapnya:

Setelah IHSG mencapai level 4.023, menurut Anda saham apa yang paling menarik saat ini?

Semua saham bluechips sangat menarik. Sebab, kenaikan indeks sehingga tembus ke atas 4.000 ditopang oleh saham-saham bluechips. Jadi, indeks itu sendiri kemungkinan masih akan bergerak naik.

Apa yang membuat Anda optimistis indeks akan terus positif?

Kondisi ini dipicu oleh sentimen eksternal terkait krisis utang di Eropa dan Amerika. Para investor global mencari alternatif investasi yang tidak banyak di dunia ini. Salah satu alternatif itu adalah Indonesia.

Apalagi, yield di pasar uang di luar negeri sangat kecil terutama di Eropa dan AS. Salah satu instrumen investasi yang cukup meberikan return yang tinggi adalah saham. Sementara salah satu equity yang aman adalah Asia termasuk Indonesia salah satunya.

Lantas, bagaimana nasib saham-saham spekulatif?

Pendorong kenaikan IHSG adalah saham-saham bluechips. Saham-saham spekulatif memang diharapkan terdorong naik. Tapi, kenaikan indeks hingga akhir pekan lalu masih didorong oleh kenaikan saham-saham bluechips dan bukan saham-saham spekulatif. Hingga akhir tahun, pasar akan fokus pada saham-saham bluechips yang bakal mendorong kenaikan indek. Itu juga yang terjadi dalam sebulan terakhir.

Bahkan, saham-saham spekulatif, cenderung melemah dan belum mengalami pemulihan harga. Artinya, permainan investor hanya terjadi pada saham-saham bluechips yang tergabung dalam LQ45.

Lalu, siapa yang bermain saham bluechips sehingga saham-saham spekulatif terabaikan?

Mayoritas adalah pemain investor institusi dan sebagian besar dari investor institusi itu pelakunya adalah asing.

Kalau begitu, saham bluechips apa yang paling Anda jagokan?

Sejauh ini, indeks masih digerakan oleh saham-saham perbankan dan PT Astra Internasional (ASII). Tapi, hingga akhir tahun semua saham bluechips sangat menarik.

Anda punya target IHSG hingga akhir tahun?

Hingga akhir tahun, IHSG bakal berada di atas 4.200. Mungkin indeks akan bertenger di level 4.500 akhir tahun.

Apa rekomendasi Anda untuk saham-saham bluechips?

Saya rekomendasikan beli bertahap saham-saham bluechips yang tergabung dalam saham-saham LQ45, lalu simpan jangan dilepas (di-trading-kan) hingga lewat akhir 2011. Investor tak perlu khawatir. Sebab, IHSG hingga akhir tahun akan lebih tinggi dari sekarang. [mdr]

Tidak ada komentar:

Posting Komentar