Senin, 18 Juli 2011

Hasil 'Stress Test' Bank Tekan Bursa Eropa Negatif

Headline
INILAH.COM, Jakarta - Bursa saham Eropa pada perdagangan Senin (18/7) melanjutkan penurunan pekan lalu. Saham bank berguguran setelah pengumuman hasil stress test.

Indeks FTSE turun 0,5% ke 5.809, indeks DAX turun 0,7% ke 7.167 dan indeks CAC turun 0,8% ke 3.696. Kegagalan 8 bank kecil dalam stress test ini sesuai dengan ekspektasi pasar. Nilai aset kedelapan bank itu seluruhnya mencapai 2,5 miliar euro atau US$3,5 miliar. Tetapi tidak mengatasi potensi gagal bayar Yunani.

Selain itu ada 16 bank yang hampir gagal karena modal inti mereka di bawah 5%. Mereka diperkirakan perlu bantuan dana darurat untuk menopang neraca mereka.

Saham yang yang turun seperti saham Mediobanca turun 0,2%, Deutsche Bank turun 1,1% dan Millenium BCP turun 1,9%. Untuk yang berhasil menjalani tes di beri penghargaan. Sahamnya pun naik di bursa seperti saham Sydbank naik 1,6% dan Danske Bank naik 2%.

Sementara harga emas mencapai rekor tertinggi hari ini. Investor masih khawatir dengan utang di Eropa dan AS. Harga emas naik ke level tertinggi sepanjang sejarah di US$1.598,41 per ons.

Investor masih takut dengan kebuntuan pembahasan peningkatan batas atas utang AS untuk meningkatkan kemampuan pembayaran obligasi. Sementara di Eropa dari 90 bank yang mengikuti stress test mencerminkan kondisi lebih baik dari yang diperkirakan sebelumnya.

Hal ini sedikit mengurangi kekhawatiran menularnya krisis utang ke sesama angggota Uni Eropa. Hasilnya, lima bank dari Spanyol, satu bank dari Yunani dan dua bank dari Austria dinyatakan gagal dalam tes tersebut. Para pemimpin Uni Eropa akan bertemu lagi pada Kamis mendatang untuk membahas solusi mengatasi jeratan utang.

Nilai tukar euro dan dolar AS sama-sama mencapai titik terendah terhadap franc Swiss. Sebab investor terus mencari investasi yang aman dari masalah utang.

Bursa Asia juga bergerak mixed seperti indeks Hang Seng turun 0,3% ke 21.797,93, indeks Nikkei naik 0,3% ke 9.974, indeks Shanghai turun 0,1% ke 2.816 dan indeks ASX turun 0,03%.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar