Senin, 18 Juli 2011

Wow, lonjakan Nikkei paling tinggi diantara 24 negara maju lainnya

Wow, lonjakan Nikkei paling tinggi diantara 24 negara maju lainnya
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Jepang mengalami lonjakan melampaui bursa saham di negara maju lainnya. Kenaikan tersebut dipicu atas adanya spekulasi bahwa tingkat pendapatan perusahaan Jepang akan membaik setelah ekonomi Negeri Sakura itu pulih dari musibah gempa bumi terdahsyat Maret lalu.

Berdasarkan data yang dihimpun Bloomberg, sejak awal Juni, indeks Nikkei 225 Stock Average sudah naik 2,9%. Ini merupakan lonjakan paling tinggi diantara pasar saham 24 negara maju lainnya yang tergabung dalam MSCI World Index. Salah satu saham yang menyokong pergerakan Nikkei adalah Toyota Motor Corp yang naik 4,9% sejak 17 Juni lalu setelah mengumumkan tingkat produksi mengalami pemulihan lebih cepat dibanding prediksi.

Selain itu, sejumlah perusahaan mulai dari Renesas Electronics Corp hingga Seven & Holdings Co juga membuka pabrik dan toko baru lebih cepat dari yang mereka rencanakan. Kondisi itu membangun kepercayaan pada kinerja perusahaan, di mana sejumlah analis memprediksi, pendapatan perusahaan akan naik 17% dalam 12 bulan ke depan.

"Pendapatan perusahaan mengalami rebound. Saya sangat positif terhadap ekonomi Jepang. Ada sejumlah bukti bahwa konstruksi di Jepang akan terus berlangsung dan hal itu sangat mendorong pertumbuhan ekonomi," jelas Philip Poole, global head of macro and investment strategy HSBC Global Asset Management di Hongkong.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar