Senin, 18 Juli 2011

Utang Masih Tetap akan Tekan Bursa Eropa

Headline
INILAH.COM, London - Kekhawatiran terhadap masalah utang yang belum jelas penyelesaiannya di AS dan Eropa diperkirakan akan menekan bursa Eropa pada Senin (18/7).

Indeks FTSE diprediksi turun 0,06%, indeks CAC akan turun 25 poin dan indeks DAX akan turun 28 poin, demikian dikutip dari yahoofinance.com.

Sementara harga emas mencapai rekor tertinggi hari ini. Investor masih khawatir dengan utang di Eropa dan AS. Harga emas naik ke level tertinggi sepanjang sejarah di US$1.598,41 per ons.

Investor takut dengan kebuntuan pembahasan peningkatan batas atas utang AS untuk meningkatkan kemampuan pembayaran obligasi. Sementara di Eropa dari 90 bank yang mengikuti stress test mencerminkan kondisi lebih baik dari yang diperkirakan sebelumnya.

Hal ini sedikit mengurangi kekhawatiran menularnya krisis utang ke sesama angggota Uni Eropa. Hasilnya, lima bank dari Spanyol, satu bank dari Yunani dan dua bank dari Austria dinyatakan gagal dalam tes tersebut. Para pemimpin Uni Eropa akan bertemu lagi pada Kamis mendatang untuk membahas solusi mengatasi jeratan utang.

Nilai tukar euro dan dolar AS sama-sama mencapai titik terendah terhadap franc Swiss. Sebab investor terus mencari investasi yang aman dari masalah utang.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar