Senin, 18 Juli 2011

Ketidakpastian global membuat bursa AS terpuruk sepanjang pekan lalu

Ketidakpastian global membuat bursa AS terpuruk sepanjang pekan lalu
NEW YORK. Mayoritas saham di bursa AS mengalami aksi jual sepanjang pekan lalu. Indeks S&P 500 melorot 2,1% menjadi 1.316,14 pada minggu ini, dan merupakan penurunan terbesar sejak periode lima hari yang berakhir 10 Juni lalu. Indeks S&P melorot setelah membukukan kenaikan terbesar dua mingguan sejak 2009. Sedangkan indeks Dow Jones turun 177,47 poin menjadi 12.479,73.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa AS sepanjang minggu lalu antara lain Alcoa Inc yang turun 5,5% setelah melaporkan laba di bawah prediksi analis, Bank of America turun 6,5% setelah saham-saham perbankan dilanda aksi jual, dan Google Inc melonjak 12% setelah tingkat penjualannya melampaui estimasi.

"Reaksi pasar mengacu pada ketidakpastian yang terjadi secara global. Pasar saham AS melorot karena krisis utang di Eropa dan apa yang terjadi dalam perdebatan ekonomi di Kongres mengenai batasan nilai utang. Dua faktor tadi menyebabkan investor cemas," jelas Chief Executive Officer sekaligus Founder YCMNet Advisors Michael Yoshikami.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar