Selasa, 06 September 2011

Bos Bank Dunia Pede AS Tak Jatuh Krisis Lagi

Singapura - Presiden Bank Dunia Robert Zoellick menyatakan dirinya percaya AS tidak akan jatuh lagi ke dalam kondisi resesi ekonomi. Meskipun saat ini muncul kekhawatiran negara dengan ekonomi terbesar di dunia tersebut bakal kembali mengalami resesi.

"Saya tidak percaya Amerika Serika dan dunia akan mengalami kondisi double dip," kata Zoellick seperti dikutip dari AFP, Selasa (6/9/2011).

Double dip ini merupakan sebuah skenario krisis terburuk. Pada kondisi ini, perekonomian AS akan kembali jatuh usai krisis di 2008 dan kondisi krisis bakal panjang sehingga pemulihan menjadi makin sulit dilakukan.

Meskipun AS bakal terhindar dari krisis, namun Zoellick mengatakan perekonomian AS dan global sedang menghadapi ketidakpastian yang tinggi saat ini.

"Saya pikir perekonomian AS akan melambat, angka pengangguran pun juga akan tinggi," jelas Zoellick.

Pernyataan Zoellick ini dilontarkan setelah pasar keuangan global bergejolak dalam beberapa hari ini yang didorong oleh ketakutan bahwa perekonomian AS akan jatuh lagi dalam situasi resesi yang dinamakan 'double dip'.

Pada hari ini, sebagian besar pasar saham di Asia jatuh akibat buruknya data lapangan pekerjaan di AS, ditambah lagi adanya ketakutan krisis utang di ropa yang makin parah.

Selain itu, Zoellick juga melontarkan pendapatnya soal krisis utang di Eropa yang menimbulkan ketakutan akan makin memburuk.

Menurut Zoellick, krisis utang ini memunculkan efek yang besar bagi perekonomian dunia, tak hanya di pasar keuangan dan saham saja. Krisis utang di Eropa juga menekan kepercayaan diri konsumen dan pelaku bisnis di dunia.

(dnl/qom)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar