Selasa, 06 September 2011

IHSG masih punya sentimen positif

IHSG masih punya sentimen positif
JAKARTA. Meski banyak sentimen negatif dari global, analis menilai Indeks Harga Saham Gabungan (IHSG) tetap memiliki tenaga untuk bergerak naik. Namun investor tetap harus mewaspadai sentimen negatif yang ada.

Reza Priyambada, Managing Research Indosurya Asset Management, memprediksi IHSG akan tetap berada di dalam tren menguat selama sepekan ini, meski rentang pergerakannya tidak akan terlalu lebar. Pasalnya, IHSG masih memiliki sentimen positif dari dalam negeri.

Angka laju inflasi yang terjaga akan menopang IHSG tetap di zona hijau. Berdasar data Biro Pusat Statistik (BPS), laju inflasi bulanan untuk Agustus hanya 0,93%. Pasar menilai tingkat inflasi ini masih tergolong rendah. "Hal ini tidak akan mendorong investor menarik uangnya keluar dari Indonesia," papar Reza, Senin (5/9).

Namun Nico Omer Jonckheere, Wakil Kepala Riset dan Analisis Valbury, menulis dalam risetnya investor harus mewaspadai buruknya data ekonomi Amerika Serikat (AS) dan krisis utang Eropa. Hal ini telah membawa beberapa bursa di dunia memasuki level bearish.

Nico menilai kondisi ekonomi AS saat ini bisa dikatakan sudah berada dalam resesi. Hal ini terlihat dari data produk domestik bruto negara uwak Sam ini.

PDB riil AS dalam enam bulan terakhir sudah mengalami penurunan 1,5% dalam basis tahunan. Kondisi ini sama seperti kondisi di awal 2008 silam ketika ekonomi AS mulai jatuh dalam.

Ekonomi Eropa juga mengalami pertumbuhan yang sangat lambat. Di kuartal kedua 2011, ekonomi kawasan Eropa cuma naik 0,2%. Bandingkan dengan pertumbuhan di periode yang sama tahun sebelumnya yang mencapai 1%.

Namun masih sentimen positif dari kawasan Asia. Otoritas keuangan di Korea Selatan, Jepang dan China akan menggelar konferensi jarak jauh untuk membahas kondisi ekonomi global dan pasar keuangan hari ini. Luca Silipo, Managing Director & Chief Economist Asia Pasific Natixis, dalam risetnya menulis hal ini bisa mengembalikan kepercayaan investor.

Reza menilai pekan ini IHSG akan bergerak dalam fase konsolidasi dengan kecenderungan menguat. Pelaku pasar akan menunggu hasil dari Federal Open Market Committe (FOMC) Meeting yang digelar 8 September nanti.

Hari ini, Reza memprediksi IHSG akan bergerak di kisaran 3.767 dan 3.912

Tidak ada komentar:

Posting Komentar