Selasa, 06 September 2011

Bursa Asia masih terkena guncangan utang Eropa

Bursa Asia masih terkena guncangan utang Eropa
TOKYO. Bursa Asia masih tertekan pagi ini. Pelaku pasar cemas, Eropa tak akan mampu menangani krisis utangnya sehingga memperburuk outlook perekonomian global.

Pada pukul 09.18 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,8% menjadi 119,82. Dari empat saham yang melorot, hanya ada satu saham yang naik. Pada bulan lalu, indeks acuan di kawasan regional ini turun 8,6%, terbesar sejak Mei 2010.

Sejumlah saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Canon Inc yang turun 0,9% di Tokyo, Mitsubishi UFJ Financial Group Inc yang turun 2,1% di Tokyo, dan Commonwealth Bank of Australia yang turun 1% di Sydney.

"Ini merupakan guncangan lain di pasar saham. Tingkat volatilitas akan semakin tinggi hingga ada solusi terkait krisis utang yang melanda Eropa. Saat ini, pemerintah Eropa masih belum berbuat banyak. Kendati fundamental Asia lebih baik dibanding kawasan lain, namun, pasar saham juga ikut terkena pengaruh sentimen Eropa," jelas Nader Naeimi, strategist AMP Capital Investors Ltd di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar