Kamis, 22 September 2011

Ekonomi Lesu, Fed akan Beli Treasury US$400 M

Headline
INILAH.COM, New York - Bank sentral AS, The Federal Reverse akan membeli treasury senilai US$400 miliar untuk jangka pendek untuk menggairahkan ekonomi AS.

Fed menilai ekonomi masih tetap suram dan ekonomi masih tetap harus berjuang untuk dua tahun lagi. Untuk itu suku bunga dijaga suku bunga yang rendah hingga 2013 selama ekonomi masih lesu.

The Fed mengumumkan hasil pertemuan selama dua hari, pada Rabu (21/9) walaupun tiga anggota dewan memiliki pendapat berbeda. Solusi ini diharapkan akan dapat mengurangi kenaikan pada hipotek dan pinjaman konsumen serta bisnis, seperti dikutip dari yahoofinance.com.

Kebijakan ini mengganti ekspektasi akan mengucurkan dana US$2,87 triliun untuk operasi twist untuk menurunkan yield treasury lanjutan. Namun analis menilai perubahan ini hanya membantu sediki untuk mengurangi biaya pinjaman dan menaikkan indeks.

Bulan Juli lalu Fed meluncurkan dana US$600 miliar untuk membeli obligasi sebagai langkah mempertahankan suku bunga rendh. Namun indeks jatuh dan treasury untuk 10 tahun jatuh dengan harga yang naik.

Bank sentral AS ini berada di bawah tekanan untuk menggairahkan ekonomi AS sejak resesi dalam dua tahun terakhir. Dalam semester I tahun ini ekonomi tumbuh hanya 0,7%. Pasar perumahan tetap tertekan dan pengangguran mencapai 9,1%.

Pada bulan Agustus, ekonomi AS tidak menyerap tenaga kerja dan konsumen pun tidak menambah pengeluaran. Ekonom memperkirakan pertumbuhan ekonomi tidak lebih dari 2% untuk tahun ini.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar