Selasa, 18 Oktober 2011

Bursa Asia dilanda aksi jual!

Bursa Asia dilanda aksi jual!
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia dilanda aksi jual hari ini. Pada pukul 17.17 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 2,5% menjadi 116,29. Ini merupakan penurunan terbesar sejak 3 Oktober lalu. Dari sepuluh saham yang turun, hanya ada satu saham yang ditransaksikan naik.

Penurunan indeks acuan Asia ini ditandai dengan kemerosotan indeks acuan di sejumlah negara besar di kawasan regional. Sebut saja indeks Nikkei 225 Stock Average yang melorot 1,6%, indeks S&P/ASX 200 Australia turun 2,1%, indeks Kospi Korea Selatan turun 1,4%, dan indeks Shanghai Composite China turun 2,3%.

Saham-saham yang pergerakannya mempengaruhi bursa Asia antara lain: Aluminum Corp of China Ltd anjlok 11% di Shanghai, Rio Tinto Group turun 5,3% di Sydney, Esprit Holdings Ltd merosot 6,4% di Hongkong, dan Mitsubishi UFJ Financial Group Inc turun 1,8% di Tokyo.

Penyebab aksi jual bursa Asia hari ini masih dipengaruhi oleh sentimen Eropa dan China. Seperti diketahui, di Eropa, pemerintah Jerman mengungkapkan, pimpinan Eropa tidak sanggup menyodorkan sejumlah solusi strategis bagi krisis utang Eropa pada pertemuan G20 pada 23 Oktober mendatang. Pembicaraan terkait solusi krisis utang Eropa ini akan dilanjutkan tahun depan.

Sementara, data Biro Statistik China menunjukkan, Produk Domestik Bruto (PDB) naik 9,1% dalam tiga bulan yang berakhir September dibanding periode yang sama tahun sebelumnya. Pada kuartal yang berakhir Juni, tingkat PDB China mencapai 9,5%.

"Pertumbuhan ekonomi China melambat melampaui ekspektasi. Belum lagi masalah krisis utang Eropa. Faktor-faktor tadi yang menyebabkan volatilitas pasar pada hari ini," jelas Chu Moon Sung, fund manager Shinhan BNP Paribas Asset Management Co.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar