Selasa, 18 Oktober 2011

Bursa Asia melorot ke level terendah dalam sebulan terakhir

Bursa Asia melorot ke level terendah dalam sebulan terakhir
TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia ditransaksikan turun. Kondisi itu menyebabkan bursa Asia tergerus dari level tertinggi dalam sebulan terakhir. Pada pukul 10.24 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 1,5%. Dari tujuh saham yang ditransaksikan, satu di antaranya mencatatkan penurunan.

Sementara itu, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang turun 1,3%. Sedangkan indeks S&P/ASX 200 Australia turun 1,6% dan indeks Kospi Korea Selatan turun 1,2%.

Penurunan tersebut juga ditandai aksi jual saham-saham berkapitalisasi besar di Asia. Ambil contoh, BHP Billiton Ltd yang turun 3% di Sydney serta HTC Corp turun 4,5% di Taipei.

Rupanya, optimisme investor kian menurun terhadap penanganan krisis utang Eropa. Kemarin, juru bicara Kanselir Jerman Angela Merkel mengungkapkan, keinginan untuk mencapai resolusi atas krisis utang pada 23 Oktober mendatang sulit diwujudkan.

"Implikasi dari penanganan krisis utang Eropa yang lamban akan menciptakan ketidakpastian baru di pasar. Kecemasan investor juga semakin meningkat," jelas Tim Schroeders dari Pengana Capital Ltd.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar