Rabu, 02 November 2011

Saham Bank, Picu Bursa Eropa Melenggang

Saham Bank, Picu Bursa Eropa Melenggang
INILAH.COM, London - Bursa saham Eropa menguat pada perdagangan Rabu (2/11) setelah melemah kemarin dengan rencana referendum Yunani.

Pasar menaruh harapan terhadap pertemuan The Fed pada Kamis besok untuk menawarkan langkah-langkah meningkatkan ekonomi AS. Meskipun krisis utang Eropa masih terus membayangi pasar global.

Indeks FTSE naik 0,9% yang Selasa kemarin sempat tertekan hingga 5,5% dengan rencana referendum Yunani. Saham perbankan mengalami rebound seperti saham Societe Generale naik 3,3% dan saham UniCredit naik 3,5%.

Meskipun mengalami kenaikan, pasar tetap khawatir dengan risiko krisis utang Eropa. "Kekhawatiran terhadap sistem perbankan masih tetap tinggi. Seperti status Yunani, tanpa bailout maka berpotensi bangkrut," kata Sebantien Barthelemi, analis Lois Capital Markets, yang dikutip dari reuters.com.

Sementara Federal Reserve AS akan melakukan pertemuan dua hari kebijakan mulai Rabu hari ini. Tetapi analis tidak mengharapkan perubahan kebijakan utama. Pada hari pertama, mereka akan memantau hasil pertemuan antara Perdana Menteri Yunani Papandreou dan rekannya Perancis dan Jerman.

Presiden Prancis, Nicolas Sarkozy juga mengakui cukup terkejut dengan rencana Yunani tersebut. Meskipun dia tetap mendukung Yunani untuk mendapatkan suntikan dana segar.

Untuk itu, Sarkozy pada Rabu sore ini akan bertemu dengan Kanselir Jerman Angela Merkel serta George Papandreou di Cannes, menjelang KTT G20 yang dimulai pada hari Kamis besok.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar