Rabu, 02 November 2011

Sikapi Referendum, Pemimpin Eropa Rapat Darurat

Medium
INILAH.COM, Jakarta - Para pemimpin Eropa mengadakan pembicaraan darurat hari ini untuk mencegah krisis utang untuk memberitahu Yunani bahwa tidak ada alternatif untuk pemotongan anggaran yang diberlakukan dalam rencana bailout.

Bloomberg melaporkan Perdana Menteri Yunani George Papandreou, dipanggil ke Cannes menjelang KTT Kelompok G20, di mana ia akan mendengar dari Presiden Perancis Nicolas Sarkozy bahwa satu-satunya cara untuk menyelesaikan masalah utang Yunani adalah melalui perjanjian yang telah diketuk minggu lalu dalam pertemuan maraton enam hari mengenai krisi manajemen.

Papandreou memicu pergolakan baru dalam krisis panjang selama dua tahun dengan tiba-tiba mengumumkan referendum terkait bailout lanjutan zona euro pada tanggal 31 Oktober. Saham global, euro dan obligasi negara jatuh kemarin karena kekhawatiran terhadap default Yunani.

"Ketidakpastian dan ketakutan sedang meramba," kata Marc Chandler, kepala strategi mata uang di Brown Brothers Harriman & Co di New York, melalui e-mail. "Biaya politik dari penghematan ekonomi tidak muncul sepenuhnya tapi diapresiasi para pembuat kebijakan atau investor."

Papandreou akan bergabung dengan Sarkozy, Kanselir Jerman Angela Merkel, Presiden Bank Sentral Eropa Mario Draghi, Managing Direktur Dana Moneter Internasional Christine Lagarde dan otoritas Uni Eropa pada pukul 8.30 p.m, menurut sebuah pernyataan dari kantor Sarkozy. Sebelumnya mereka akan bertemu sekitar pukul 5.30 p.m tanpa Papandreou.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar