Kamis, 26 Mei 2011

CLSA Crossing Saham Elang Mahkota Rp 865 Miliar

Jakarta - CLSA Indonesia (KZ) memfasilitasi transaksi tutup sendiri (crossing) saham PT Elang Mahkota Teknologi Tbk (EMTK) senilai Rp 865,151 miliar. Transaksi dilakukan di harga Rp 1.603 per lembar.

Seperti dikutip dari data perdagangan Bursa Efek Indonesia (BEI), Kamis (26/5/2011), transaksi dilakuakn di pasar negosiasi dalam frekuensi satu kali. Jumlah saham yang diperdagangkan sebanyak 1,079 lot atau setara 539,714 juta lembar saham.

Pembelian dilakukan di harga Rp 1.603 per lembar lebih murah dibandingkan harga penutupan kemarin di Rp 1.620 per lembar.

Menurut salah satu pelaku pasar, crossing tersebut merupakan buyback saham oleh EMTK dari Ashmore Investment Management Ltd yang saat ini menguasai 33,72% saham perseroan.

"Ini baru buyback tahap pertama, masih ada sisa saham EMTK yang dipegang Ashmore nantinya diambil kembali," kata si pelaku pasar itu kepada detikFinance.

Ashmore kuasai saham EMTK itu melalui konversi utang senilai Rp 1,4 triliun pada akhir tahun 2009. Ashmore merupakan pihak yang menjadi kreditur EMTEK dalam rangka mengakuisisi 86,28% saham PT Surya Citra Media Tbk (SCMA).

Perusahaan yang disebut terakhir, SCMA, merupakan pemilik merek stasiun televisi SCTV. EMTEK merupakan perusahaan yang menjadi pengendali saham SCMA.

Sampai berita ini diturunkan, Direktur EMTK Wahyu Wijayadi dan Legal Director & Corporate Secretary EMTK Titi Maria belum menjawab telepon detikFinance.
(ang/dnl)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar