Kamis, 26 Mei 2011

Masih terimbas krisis Eropa, emas berpotensi melanjutkan reli hari ini

Masih terimbas krisis Eropa, emas berpotensi melanjutkan reli hari ini
SINGAPURA. Emas berpeluang lanjut reli untuk hari yang keempat, dalam pekan ini. Krisis utang Eropa meningkatkan permintaan investor terhadap emas sebagai aset lindung nilai.

Emas untuk pengantaran segera bergerak tipis ke US$ 1.525,88 per ons troy, pada pukul 8.09 waktu Singapura. Harganya, mencapai rekor di US$ 1.577,57 per ons troy, pada 2 Mei lalu. Adapun, kontrak emas untuk pengiriman Juni di divisi Comex, New York menguat 0,13% ke level US$ 1.528,6 per ons troy.

Para pembuat kebijakan Eropa mencari cara untuk mengembalikan kepercayaan investor terhadap meningkatnya kekhawatiran bahwa Yunani tidak akan mampu membayar utangnya setelah tahun lalu menerima bailout 110 miliar euro atau setara US$ 155 miliar. Beberapa pejabat Uni Eropa telah mendukung rencana yang disebut reprofiling utang Yunani, dimana periode pembayaran kembali dan biaya bunga dapat dikurangi.

Ekonom dan editor Gartman Letter Dennis Gartman menyebut, emas memperpanjang kenaikan selama 10 tahun terakhir, karena investor berusaha untuk melindungi diri dari melemahnya euro.

Sementara, kepala perdagangan Investec Bank (Australia) Ltd. Darren Heathcote menyebut, pasar emas mendapat keuntungan dari sisa krisis utang Eropa. "Ada banyak spekulasi tentang krisis, tetapi belum ada cara yang jelas untuk mengatasinya. Itu sangat baik untuk harga emas," ungkapnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar