Rabu, 25 Mei 2011

Sesi sore, bursa Asia kian tak berkutik

TOKYO. Mayoritas saham di bursa Asia sore ini melorot. Salah satu penyebabnya, sejumlah perusahaan memprediksi adanya penurunan laba. Kondisi itu memicu kecemasan kalau perlambatan ekonomi global akan memangkas pendapatan perusahaan.

Pada pukul 18.17 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,7% menjadi 130,77. Padahal sebelumnya, bursa Asia sempat naik 0,4%.

Indeks S&P/ASX 200 Australia turun 1%. Sedangkan indeks Nikkei 225 Stock Average turun 0,6% dan indeks Kospi Korea Selatan turun 1,3%. Sementara, Shanghai Composite Index China turun 0,9%.

Sejumlah saham yang mempengaruhi pergerakan bursa Asia sore ini antara lain: Tokyo Electron Ltd yang turun 2,1% di Tokyo, Austal Ltd anjlok 9,7% di Sydney, dan Toyota Motor Corp memimpin penurunan di sektor otomotif Jepang.

"Isu-isu seperti perlambatan tingkat pertumbuhan aktivitas bisnis serta masalah utang Eropa menjadi alasan investor untuk melakukan aksi jual. Sementara itu, investor jangka panjang memilih menjadi pengamat dan investor jangka pendek melakukan aksi jual," jelas Angus Gluskie, analis White Funds Management Pty di Sydney.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar