Senin, 20 Juni 2011

Bursa acuan China alami penurunan terbesar dalam sembilan bulan

Bursa acuan China alami penurunan terbesar dalam sembilan bulan
SHANGHAI. Mayoritas bursa China hari ini anjlok ke level terendah dalam sembilan bulan terakhir. Kondisi itu terjadi setelah Credit Suisse Group AG mengatakan, Negeri Panda itu bakal mengalami pendaratan yang tidak mulus seiring perlambatan ekonomi dan meningkatnya resiko perbankan.

Pada pukul 11.30, Shanghai COmposite Index melorot 0,9% menjadi 2.619,62. Ini merupakan level terendah sejak 29 September 2010. Padahal, sepanjang pekan lalu, bursa China sudah anjlok hingga 2,3%. Sementara, CSI 300 Index turun 0,7% menjadi 2.873,36.

Sejumlah saham yang mempengaruhi pergerakan bursa China hari ini antara lain: Industrial & Commerce Bank of China Ltd dan Bank of China Ltd yang anjlok setelah Credit Suisse menurunkan rekomendasi saham perbankan menjadi underweight. Selain itu, penurunan juga dialami PetroChina Co yang turun 0,7%.

"Gambaran besarnya adalah, ada pengurangan modal di pasar setelah pemerintah melakukan pengetatan kebijakan. Kemungkinan, ini merupakan masa terburuk untuk pasar saham saat ini," jelas Zhang Ling, general manager Shanghai River Fund Management Co.

Sekadar tambahan, Shanghai Composite Index sudah terjun bebas sebesar 14% dari posisi tertinggi tahun ini pada 18 April lalu. Pelaku pasar merasa khawatir, pengetatan kebijakan pemerintah untuk menahan laju inflasi akan memperlambat pertumbuhan ekonomi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar