Senin, 20 Juni 2011

Bursa Asia terhempas lagi

Bursa Asia terhempas lagi
Tokyo. Bursa Asia terhempas lagi. Dengan demikian,a ksi jual yang melanda indeks di kawasan regional sudah terjadi selama tujuh minggu berturut-turut. Salah satu penyebab utamanya adalah pemerintah Eropa gagal menyetujui pemberian pinjaman kepada Yunani.

Pada pukul 16.04 waktu Tokyo, indeks MSCI Asia Pacific turun 0,6% menjadi 128,85. Sementara, indeks Nikkei 225 Stock Average Jepang tak banyak bergerak, indeks Kospi Korea Selatan turun 0,6%, indeks S&P/ASX 200 Australia turun 0,7%, dan Shanghai Composite Index turun 0,8%. Sedangkan indeks Hang Seng Hongkong turun 0,6%.

Saham-saham yang mempengaruhi pergerakan bursa Asia antara lain: BHP Billiton Ltd turun 1,4% di Sydney dan Sun Hung Kai Properties Ltd turun 3,6% di Hongkong. Sementara, perusahaan-perusahaan pembangkit di Jepang mengalami kenaikan setelah pemerintah memberikan lampu hijau agar perusahaan reaktor atom tersebut memulai kembali kegiatannya.

"Eropa mungkin memberikan solusi berupa konstruksi membangun terhadap Yunani. Namun, yang jadi pertanyaan apakah pasar yakin dengan solusi itu dibanding dengan pemberian bantuan," jelas Tim Schroeders dari global equities Pengana Capital Ltd di Melbourne.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar