Senin, 20 Juni 2011

Eropa tak temui kata sepakat akan Yunani, harga emas berpotensi menanjak

Eropa tak temui kata sepakat akan Yunani, harga emas berpotensi menanjak
SINGAPURA. Pergerakan harga emas masih menunjukkan tren positif. Apalagi setelah pemerintah Uni Eropa gagal mencapai kesepakatan mengenai paket penyelamatan Yunani. Selain itu, perekonomian AS masih menunjukkan tanda-tanda melambat. Dua faktor tadi bisa mendongkrak permintaan emas sebagai investasi alternatif.

Pada pukul 12.55 waktu Singapura, kontrak harga emas untuk pengantaran cepat turun 0,2% menjadi US$ 1.537,20 per troy ounce. Pada 17 Juni lalu, harga emas sempat naik 0,6%. Sementara, kontrak harga emas untuk pengantaran Agustus hanya sedikit mengalami perubahan di posisi US$ 1.537,80 per troy ounce.

"Pasar memang mengikuti perkembangan diskusi Eropa terkait Yunani. Euro dipastikan terpukul jika ada kabar buruk dan kembali menguat jika ada kabar baik," jelas Darren Heathcote, head of trading Investec Bank (Australia) Ltd.

Seperti yang diberitakan sebelumnya, Pemerintah Eropa gagal menyepakati penggelontoran pembayaran pinjaman untuk menghindari Yunani dari gagal bayar utang (default). Kondisi ini juga menekan Perdana Menteri Yunani George Papandreou untuk segera melakukan pemangkasan anggaran di tengah aksi demonstrasi yang bergolak di negara itu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar