Jumat, 03 Juni 2011

Harga Emas Melambung Gara-Gara Bunga Bank Rendah

Emas. Foto: Wordpress
JAKARTA - Tingginya harga emas memberikan dampak yang cukup siginifikan bagi tekanan inflasi. Tingginya emas di Indonesia akibat rendahnya bunga bank di Indonesia.

Direktur Statistik Harga Badan Pusat Statistik (BPS) Sasmito Hadi Wibowo menjelaskan saat ini tingginya harga emas dikarenakan banyak masyarakat tidak tertarik melakukan investasi pada perbankan karena rendahnya bunga yang diberikan.

"Banyak orang yang tertarik investasi di emas. Sebabnya, banyak yang tidak percaya investasi di bank karena rendahnya bunga," ungkap Hadi di Jakarta.

Dia menambahkan, tingginya harga emas juga dikarenakan tingginya harga emas internasional. Dia menuturkan, emas merupakan salah satu indikator perkembangan harga dunia terhadap inflasi. "Inflasi bisa dilihat dari harga emas. Jika emas naik, maka harga barang-barang impor bisa naik," tuturnya.

Adapun konsep emas yagn dimaksud, jelas dia, adalah emas yang merupakan konsumsi masyarakat, yakni emas yang dipakai. "Jadi kalau hanya beli dan disimpan itu tidak masuk kategori (penilian) kita," ucapnya.

Seperti diberitakan sebelumnya, Mei terjadi inflasi sebesar 0,12 persen. Adapun penyumbang inflasi disebabkan oleh makanan jadi, rokok dan tembakau inflasi 0,04 persen, perumahan inflasi 0,06 persen, sandang termasuk emas 0,05 persen.

(wdi)

Tidak ada komentar:

Posting Komentar