Jumat, 03 Juni 2011

Euro Naik, Bursa Asia Menguat Tipis

Headline
INILAH.COM, Singapura - Bursa saham Asia menguat pada perdagangan Jumat (3/6) pagi setelah euro naik sehingga meningkatkan prospek pendapatan bagi eksportir.

Saham Jepang turun tipis dengan transaksi pendek karena data pekerjaan AS yang turun sehingga mengkhawatirkan pertumbuhan ekonomi global. Indeks Nikkei turun 0,2% menjadi 9.529 dan indeks Topix turun ke 822,5.

Untuk bursa Seoul stabil mengikuti penutupan Wall Street yang menguat walaupun diliputi kekhawatiran lesunya pasar tenaga kerja AS pada laporan akhir pekan ini. Indeks Kospi turun 0,05% menjadi 2.114,35.

Sementara bursa Australia bergerak tipis turun 0,1% dengan sektor penggerak adalah perbankan dan pertambangan. Saham Foster's Group dibuka naik 5% dengan rumor Molson Coors Brewing dan Meksiko Grupo Modelo akan menjajaki penawaran. Indeks ASX turun 0,0% ke 4.592,90.

Untuk Indeks Hang Seng naik 0,1% ke 23.281,72 yang ditopang MGM Resorts International naik 1,7% dan Hongkon Miliarfer Pansy Ho dibuka naik 5,5% Saham Telecommunication Group naik 5,05% setelah Bursa Efek Hong Kong menyetujui rencana spin off bisis telekomunikasi di Hong Kong. Sementara bursa Asia Tenggaran seperti indeks FTSE turun 0,1% dan indeks KLSE naik 0,1%.

Euro naik sehingga dapat memperkuat pasar saham. Walaupun kami telah memiliki data negatif soal ekonomi AS. Tetapi investor akan menahan diri," kata Juichi Waki, Strategic Senior di Nomura Holdings Inc yang dikutip dari yahoo.finance.com.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar