Jumat, 03 Juni 2011

Laju bursa Asia melambat seiring antisipasi data tenaga kerja AS

Laju bursa Asia melambat seiring antisipasi data tenaga kerja AS
TOKYO. Reli pasar saham Asia melambat dan cenderung surut seiring investor menunggu laporan bulanan pekerjaan di Amerika Serikat (AS). Data tersebut kemungkinan bakal memberikan bukti lebih lanjut goyahnya pemulihan di AS.

Indeks MSCI Asia Pasifik sedikit bergeser ke 134,49, pada pukul 10.47 di Tokyo, setelah naik sebanyak 0,4% sebelumnya. Lebih dari empat saham turun untuk setiap tiga yang naik. Meski demikian, pekan ini merupakan reli mingguan indeks regional yang pertama kalinya dalam lima pekan terakhir. Pekan lalu, saham tumbang karena kekhawatiran krisis utang Eropa dan di tengah spekulasi pemulihan global yang melambat akan mengurangi laba perusahaan.

Indeks Nikkei 225 tercatat melemah 0,32%. Sementara indeks Hang Seng naik tipis 0,10%. Adapun, indeks Australia S&P/ASX 200 turun 0,22%, dan indeks Kospi melemah 0,12%.

Hari ini, saham Honda Motor Co, yang 44% penjualannya dari Amerika Utara, tergelincir 0,8% di Tokyo. Saham Toyota Motor Corp. terkoreksi 0,6%. Sementara, saham Foster's Group Ltd. melonjak 4,9% setelah Grupo Modelo SAB de CV dan Molson Coors Brewing Co melaporkan sedang menjajaki kerjasama.

Analis senior dari Nomura Holdings Inc. Juichi Wako menyebut, penguatan euro berdampak positif pada pasar saham. "Pasar sudah menerima beberapa data buruk dari AS belakangan ini. Investor akan berada pada posisi bertahan hari ini, sambil menunggu data tenaga kerja AS," ujarnya.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar