Jumat, 03 Juni 2011

Sarulla lepas dari MEDC

Sarulla lepas dari MEDC
JAKARTA. PT Medco Energi International Tbk (MEDC) bakal kehilangan salah satu proyeknya. Penyebabnya, Perusahaan Listrik Negara (PLN) berencana mengambilalih proyek pembangkit listrik tenaga panas bumi (PLTP) Sarulla di Sumatera Utara.

LN menilai tidak ada kejelasan mengenai nasib proyek tersebut. "PLN sudah tidak sabar menunggu proyek itu karena tidak jalan juga," papar Dahlan Iskan, Direktur Utama PLN, Rabu (1/6).

Perusahaan penyedia listrik ini memang berhak mengambil alih proyek. "Secara hukum proyek itu berada di bawah PLN," terang Dahlan.

Proyek senilai US$ 1,4 miliar ini dikembangkan oleh konsorsium pimpinan anak usaha MEDC, yaitu PT Medco Geothermal Indonesia. Saat ini konsorsium proyek itu sedang mengevaluasi lokasi tenaga panas bumi.

Dahlan menuturkan, PLN akan mengerjakan sendiri secara bertahap proyek yang diambilalih dari MEDC tersebut. Menurut hitungan perusahaan listrik ini, setiap pembangunan 50 megawatt (MW) membutuhkan dana investasi sekitar Rp 1 triliun.

Namun MEDC mengaku tidak tahu soal rencana PLN tersebut. "Kami belum tahu kalau PLN mau ambilalih lagi," kata Lukman Mahfoedz, Direktur Utama MEDC.

Tadinya, perusahaan milik keluarga Panigoro ini berniat mengembangkan PLTP Sarulla dengan investasi US$ 1,3 miliar-US$ 1,4 miliar bersama Ormat Technologies dari Amerika Serikat serta Kyushu Electric dan Itochu Corporation dari Jepang. Kepemilikan saham MEDC di proyek ini mencapai 37,25%.

Sekitar 25%-30% pendanaan proyek berasal dari konsorsium. Sisanya dari pinjaman perbankan. MEDC tengah bernegosiasi dengan JBIC dan Bank Pembangunan Asia serta bank komersial lainnya untuk mendukung pendanaan.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar