Senin, 25 Juli 2011

Kemungkinan default, dollar AS keok atas franc dan yen

Kemungkinan default, dollar AS keok atas franc dan yen
TOKYO. Pergerakan dollar pagi ini melemah atas franc Swiss. Salah satu penyebabnya, parlemen AS gagal mencapai kata sepakat dalam menaikkan batasan utang negara tersebut yang saat ini sebesar US$ 14,3 triliun. Kondisi itu membuat pasar cemas kalau Negeri Paman Sam itu akan mengalami default paling cepat minggu depan.

Selain itu, si hijau juga menyentuh level paling rendah dalam empat bulan atas yen setelah anggota parlemen dari Partai Republik mempersiapkan rencana aksi untuk perpanjangan utang yang jangka waktunya lebih pendek ketimbang permintaan Presiden Barack Obama.

"Dollar AS melemah, sementara franc Swiss mengalami penguatan karena adanya kekecewaan atas pertemuan yang membahas utang AS. Pasar menginginkan kepastian yang lebih," jelas Imre Speizer, strategist Westpac Banking Corp di Auckland.

Dollar melemah ke posisis 81,49 Swiss centime pada pukul 09.16 waktu Tokyo dari posisi 81,92 pada pekan lalu. Dollar AS sempat bertengger di rekor paling rendah atas franc Swiss di posisi 80,33 pada 18 Juli lalu.

Sementara itu, nilai tukar dollar atas yen berada di level 78,44 yen dari sebelumnya 78,54 yen pada posisi akhir pekan. Mata uang dollar AS diperdagangkan di level US$ 1,4361 versus euro dari US$ 1,4360 pada pekan lalu.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar