Senin, 25 Juli 2011

Bursa Eropa Tertekan Alotnya Pembatasan Utang AS

Headline
INILAH.COM, London - Investor mengurangi aset beririko dengan kemungkinan AS mengalami gagal bayar utang telah melemahkan bursa saham Eropa pada perdagangan Senin (25/7).

Indeks FTSE turun 0,5% ke 5.903, indeks DAX turun 0,6% ke 7.280 dan indeks CAC turun 0,6% ke 3.816. "Pasar saat ini mengharapkan sesuatu yang telah disepakati. Saya tidak berpikir utang AS akan defauld, itu sepenuhnya sudah dikesampingkan pasar," kata Keith Bowman, analis saham di Hargreaves Lansdown yang dikutip dari yahoofinance.com.

Beberapa hari ke depan, investor akan menunggu beberapa kesepakatan politik untuk menghakhiri perjanjian. Laporan laba perusahaan sudah berhasil mengangkat indeks. Tetapi investor tetap menunggu perkembangan dari situasi politik untuk mengatasi utang AS.

Rating Moody's yang diberikan untuk Yunani dengan default sementara telah ikut menekan pergerakan indeks di pasar hari ini. Yunani masih dinilai akan menghadapi masalah solvabilits dalam jangka menengah. Walaupun telah mendapat komitmen dengan dana bantuan darurat dari Uni Eropa dan IMF.

Sementara bursa Asia melemah seperti indeks Hang Seng turun 0,9%, indeks Nikkei turun 0,8% ke 10.050, indeks Shanghai turun 2,8% ke 2.693 dan indeks ASX turun 1,5% ke 4.530.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar